Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen

,
Mari Kita Menadi Konsumen Cerdas
Lomba menulis 'Konsumen Cerdas'
Info Seputar Tato kali ini keluar jalur dikit, coba ikut lomba SEO yang berjudul "Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen" dalam rangka periingatan Hari Konsumen Nasional 2013 mendatang. Melihat banyak kejadian dari konsumen seakan-akan hak-haknya hilang dan kurang diperhatikan oelh konsumen sendiri, hingga selalu berada dipihak yang dirugikan. Peringatan hari Konsumen Nasional 2013 adalah salah satu langkah pemerintah dalam mensosialisasikan pentinganya konsumen cerdas paham perlindungan konsumen.

Langkah tepat Departemen Perdagangan Republik Indonesiaseakan untuk terus meningkatkan pengawasan pada produsen dan perlindungan konsumen. Hal tersebut akan membuat konsumen cerdas paham perlindungan konsumen, hingga akhirnya menimbulkan dampak positif pada iklim usaha sehat di negeri ini. Dengan demikian dikonfirmasi Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi saat mengumumkan hasil pemantauan peredaran barang dan jasa di kantor Kementerian Perdagangan di Januari 2013.

Kenapa Konsumen harus cerdas dan paham perlindungan, nah coba kita lihat dibawah ini agar kita mengerti dan memahami maksud dan tujuan konsumen cerdas paham perlindungan konsumen: Jika diartikan dalam bahasa Indonesia jelas, bahwa konsumen cerdas itu adalah konsumen menimbang, minilai dan meneliti terlebih dahulu pada saat membeli suatu produk dilihat dari beberapa aspek, seperti: kualitas, sertifikat label (SNI) dan kehalalannya, serta aspek lain yang tidak disebut.

Coba kita lihat pada produk dibawah ini, bila nampak dari luar sepertinya adalah produk yang sangat bagus namun tidak memiliki sertifikat SNI. Nah, tiba-tiba kita gunakan dan hanya sedikit benturan lubang dijalan kita terjatuh akibat ban pecah. Apakah itu yang diharpkan kita sebagai konsumen? Jelas tidak, untuk itu perlu sedikit lebih cerdas saat membeili produk, apalagi produk seperti dibawah ini berkaitan dengan keselamatan diri dan orang lain.

SNI Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen
Produk tanpa SNI umumnya tidak berkualitas dan tidak aman bagi konsumen
Seiring dengan kemajuan jaman dan transparansi saat ini, pemerintah melalui ditjenspk.kemendag terus menerus melakukan perbaikan disana sini, termasuk pengawasan yang semakin ketat bagi produk yang di produksi oleh dalam negeri atau pun yang datang dari luar negeri demi perlindungan kepada masyarakat Indonesia sebagai perlindungan konsumen. Apapun produknya saat ini harus melalui pengawasan yang ketat sebelum digunakan oleh konsumen, entah itu berupa produk barang atau jasa, mulai produk industri berat, hingga produk ringan yang diproduksi dalam skala kecil (home industri).
Gambar Buah-buahan organik
Kemasan Produk Hasil Bumi 
Berdasarkan peristiwa tersebut, pemerintah semakin memperketat produk barang atau jasa sebelum sampai dimasyarakat,  meskipun itu adalah produk pertanian. Beberapa persyaaratan ditetapkan pada seluruh produk, khususnya pada produk yang berhubungan dengan keselamatan dan keamanan konsumen, yaitu misalnya dengan memberikan Standar Nasional Indonesia (SNI) sebagai label pada produk yang telah lolos uji dan diperbolehkan untuk digunakan oleh konsumen. Disinilah letak perlindungan konsumen yang terus diupayakan pemerintah, sehingga konsumen tidak lagi menjadi objek penderita kerugian dari ulah produsen nakal.


Gambar Timbangan sesuai SNI
Menimbang ulang adalah langkah konsunen cerdas
Kesimpulannya memang kita perlu menjadi "konsumen cerdas yang paham perlindumgan konsumen, agar tidak dirugikan dan menjadi korban dari produk lolos pengawasan pemerintah. Konsumen harus lebih cerdas pada seluruh produk, terutama pada produk yang berhubungan keselamtan  dan keamanan jiwa, sehingga secara tidak langsung sertifikasi label SNI adalah sebagai bagian dari peringatan dan perlindungan bagi konsumen. Untuk Lebih jelasnya menjadi "konsumen cerdas" bisa dibaca disini, untuk masalah pengawasan pemerintah sebgai tujuan perlindungan konsumen silahkan baca langsung disini dan penegakan hukum oleh pemerintah dalam perlindungan konsumen selanjutnya bisa dibaca disini.
Demikian sedikit tulisan Lomba menulis pada peringatan Hari Konsumen nasional 2013 (hkn2013) yang bertema "Konsumen cerdas". Harapannya dari peringatan Hari Konsumen Nasional tersebut, konsumen menjadi lebih cerdas dan paham tentang perlindungan konsumen. Dan akhirnya, selain konsumen tidak dirugikan, produsen pun akan berlomba-lomba meningkatkan kualitas produk sesuai aturan yang ditetapkan oleh pemerintah melalui ditjenspk.kemendag.
Electricals for the business or home at discounted prices
Electricals for the Business or Home,TVs, Camcorders,Cameras,Surround sound,Blue ray, CCTV,Accessories plus alot more,Quick Home Delivery.If you want electricals at discounted prices you've come to the right place.Now Free Delivery within the UK.

Linkorado
Linkorado is a link exchange directory where you can find websites related to your site and request link exchanges

Bagaimana Menjadi 'Konsumen Cerdas' di Indonesia?

Artikel Terkait:

Mengenai Saya

Foto Saya

Hidup ga usah dibawah strees, mending isi aja dengan hal baik menurut kita (itu kata nenek dan kakek lho!). Kalau terlalu dipikir, hidup ini tidak sesusah hidup itu. Pasti! Mumpung ada kesmepatan, sikat dan pergunakan bro. 

Woke, pls baca-baca tulisan menarik Hit Obat Nyamuk Hit Obat Nyamuk Hit Obat Nyamuk

Gitu aja, kali bisa bantu-bantu gitu bro, thank